cover
Contact Name
Ellysa Nursanti
Contact Email
jtmi@scholar.itn.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jtmi@scholar.itn.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri
ISSN : 24607975     EISSN : 25493426     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri (JTMI), diterbitkan oleh Program Studi Teknik Industri S-2 Pascasarjana Institut Teknologi Nasional Malang, JTMI terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Februari dan Agustus. Redaksi menerima naskah makalah ilmiah yang erat hubunganya dengan bidang keilmuan Teknik dan Manajemen Industri. Ruang Lingkup materi: Ergonomics Quality and Reliability Maintenance and Safety Risk and Decision Making Production System Manufacture Engineering Strategic Management Optimization Model Simulation Operation Management Supply Chain Management Inventory and Warehousing Human Resource Management Marketing Management Green and Lean Industrial System.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 1 No 1: Februari 2015" : 7 Documents clear
Analisis Peningkatan Kualitas Pelayanan (Studi Kasus: Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Puncak Jaya) Flying, Riky; Sutriyono, Dr.; Vitasari, Prima
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Vol 1 No 1: Februari 2015
Publisher : Teknik Industri S-2 Pascasarjana Institut Teknologi Nasional Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peranan pemerintah daerah sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam hal memberikan pelayanan publik yang berkualitas dan terus meningkat dari waktu ke waktu. Tuntutan tersebut semakin berkembang seirama dengan tumbuhnya kesadaran bahwa warga negara memiliki hak untuk dilayani dan kewajiban pemerintah untuk memenuhi kebutuhannya tersebut. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Peningkatan Kualitas Pelayanan pada Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Puncak Jaya. Teknik Pengumpulan dimulai dengan membuat model, perancangan kuesioner dan penyebarannya dilanjutkan dengan pengolahan data dengan menggunakan SPSS 20. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatoris dan cross-sectional dengan pendekatan deskriptif. Dengan adanya model tersebut, maka penulis melakukan penelitian dengan menggunakan SERVQUAL (Services Quality). Hasil penelitian yang diperoleh, deskripsi kualitas layanan pada dimensi tangible dinilai beragam oleh masyarakat. Nilai rata-rata pada ketiga butir pengukur tangible berkisar 2,00 - 3,53 yang memberikan makna bahwa kualitas layanan yang kurang baik. Deskripsi kualitas layanan pada dimensi reliability juga dinilai beragam oleh masyarakat. Kisaran jawaban mengandung skor 1 – 5 dan nilai rata-rata pada ketiga butir pengukur reliability berkisar 2,13 - 2,30 yang memberikan makna bahwa kualitas layanan yang kurang baik. Gambaran kualitas layanan pada dimensi responsiveness dinilai beragam oleh masyarakat. Kisaran jawaban mengandung skor 1 – 5 dan nilai rata-rata pada ketiga butir pengukur responsiveness berkisar 1,93 - 2,37 yang memberikan makna bahwa kualitas layanan yang kurang baik. Deskripsi kualitas layanan pada dimensi assurance juga dinilai beragam oleh masyarakat. Kisaran jawaban mengandung skor 1 – 5 dan nilai rata-rata pada ketiga butir pengukur assurance berkisar 2,07 - 2,87 yang memberikan makna bahwa kualitas layanan yang kurang baik. Deskripsi kualitas layanan pada dimensi empathy juga dinilai beragam oleh masyarakat. Kisaran jawaban mengandung skor 1 – 5 dan nilai rata-rata pada ketiga butir pengukur empathy berkisar 2,77 - 3,83. Nilai pada kisaran ini memberikan makna bahwa kualitas layanan yang melingkupi kemampuan petugas dalam memahami masalah, pemberian perhatian yang besar dan petugas menciptakan kemudahan saat masyarakat membutuhkan pelayanan cenderung dinilai kurang baik. Deskripsi ini mengandung makna masyarakat sudah merasakan adanya empati petugas saat di kantor Humas Setda Kabupaten Puncak Jaya. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas sumber daya manusia sangat berperan dalam menentukkan lima kualitas jasa, yaitu; Reliability (kehandalan), Responsiveness (ketanggapan), Assurance (jaminan), Emphaty (empati), Tangibles (bukti langsung). Kelima penentu kualitas jasa inilah, yang digunakan sebagai dasar pengukuran tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan humas.
Analisis Kualitas Sumber Daya Manusia, Kualitas Pelayanan, Kinerja Organisasi, Kepercayaan Masyarakat Dan Kepuasan Masyarakat (Studi Kasus: Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Nabire) Raymond, Christian Paul; Hatane, Samuel; Hutabarat, Julianus
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Vol 1 No 1: Februari 2015
Publisher : Teknik Industri S-2 Pascasarjana Institut Teknologi Nasional Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Upaya peningkatan kualitas SDM dan kualitas layanan terhadap kepercayaan masyarakat dalam pelayanan publik harus dilakukan. Masyarakat mempertanyakan kualitas dan efektifitas dari pelayanan publik. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Kualitas Sumber Daya Manusia, Kualitas Pelayanan, Kinerja Organisasi, Kepercayaan Masyarakat dan Kepuasan Masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Nabire. Teknik Pengumpulan dimulai dengan membuat model hubungan antar konstruk, perancangan kuisioner dan penyebarannya dilanjutkan dengan pengolahan data dengan menggunakan SPPS dan SmartPLS dilanjutkan membaca hasil estimasi hubungan antar kosntruk. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kausalistik. Dengan adanya model tersebut maka penulis melakukan penelitian dengan menggunakan SEM (Structural Equation Modelling). Hasil penelitian yang di peroleh bahwa kualitas sumber daya manusia berpengaruh positif terhadap kualitas pelayanan sekitar 84%, kinerja organisasi sekitar 75% dan kepercayaan masyarakat sekitar 42%. Kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kinerja organisasi sebesar 15% dan kepercayaan masyarakat sekitar 20%. Kinerja organisasi berpengaruh positif terhadap kepercayaan masyarakat sekitar 36% dan kepuasan masyarakat sekitar 47%. Dan kepercayaan masyarakat berpengaruh positif terhadap kepuasan masyarakat sekitar 44%. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas sumber daya manusia sebagai faktor utama dalam meningkatkan kualitas pelayanan, kinerja organisasi, kepercayaan masyarakat dan kepuasan masyarakat.
Evaluasi Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD) Pada Universitas Satya Wiyata Mandala Nabire Titaley, Everly; Sutriyono, Dr.; Marsyahyo, Eko
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Vol 1 No 1: Februari 2015
Publisher : Teknik Industri S-2 Pascasarjana Institut Teknologi Nasional Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan UU Sistem Pendidikan Nasional No 2 tahun 1989 pasal 55 dan No 12 tahun 2012 pasal 41 serta UU Perpustakaan No 43 tahun 2007 pasal 1 disebutkan “bahwa Perpustakaan sebagai Institusi pengelola karya Tulis, karya cetak dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi para pemustaka” sehingga evaluasi pelayanan perlu dilakukan dalam upaya meningkatkan kualitas layanan dengan tujuan menghasilkan suatu prioritas pengembangan pada perpustakaan perguruan tinggi khususnya Universitas Satya Wiyata Mandala Nabire. Penelitian ini dilakukan pada 83 responden yang mewakili 486 populasi mahasiswa yang sering berkunjung ke perpustakaan, dengan menggunakan metode Quality Function Deployment untuk mengetahui atribut-atribut jasa yang diinginkan Mahasiswa, tingkat kepentingan, kinerja Perpustakaan, parameter teknik, kebutuhan proses dan prosedur kualitas. QFD diaplikasikan untuk menterjemahkan apa yang diinginkan oleh konsumen ke dalam prosedur kualitas yang lebih terperinci, jelas, teknis dan operasional untuk diterapkan dalam strategi manajemen Perpustakaan. Hasil dari penelitian dengan menggunakan QFD didapatkan 17 atribut jasa yang diinginkan oleh Mahasiswa dan diterjemahkan ke dalam 11 parameter teknik dalam House of Quality (HOQ) tahap 1. Matrik HOQ tahap 2 menggambarkan bagaimana 15 parameter teknik tersebut dijabarkan menjadi 14 kebutuhan proses untuk menjadi 17 prosedur kualitas beserta urutan prioritasnya berdasarkan Raw weight. Urutan prioritas prosedur kualitas inilah yang menjadi pedoman dalam pengembangan jasa Perpustakaan Pusat Universitas Satya Wiyata Mandala Nabire.
Pengaruh Strategi Marketing Mix Dan Kualitas Layanan Terhadap Dan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Bengkel Sugali Nabire) Waromi, Ali; Achmadi, Fuad; Suardika, Ida Bagus
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Vol 1 No 1: Februari 2015
Publisher : Teknik Industri S-2 Pascasarjana Institut Teknologi Nasional Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bengkel adalah perusahaan yang memberikan jasa servis kendaraan kepada pelanggang membutuhkan strategi pemasaran untuk memasarkan produknya. Persaingan yang semakin ketat akan membuat para pelaku bisnis menjadi lebih bergairah dalam memberikan pelayanan terhadap konsumen. Tujuan dalam penelitian adalah mengetahui besarnya pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen, pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen, pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas konsumen pelanggan, pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen pelanggan dan mengetahui besarnya pengaruh terhadap kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan pada Bengkel Sugali Kabupaten Nabire, Teknik Pengumpulan dimulai dengan membuat model hubungan antar konstruk, perancangan kuisioner dan penyebarannya dilanjutkan dengan pengolahan data dengan menggunakan Software Amos Versi 20. dilanjutkan membaca hasil estimasi hubungan antar kosntruk. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatoris. Dengan adanya model tersebut maka penulis melakukan penelitian dengan menggunakan SEM (Structural Equation Modelling). Hasil penelitian yang di peroleh bahwa menunjukkan bahwa koefisien regresi dari strategi bauran pemasaran terhadap kepuasan pelanggan bernilai 0,419 dengan C.R. sebesar 4,414 dan p-value <0,001 (lebih kecil dari 0,05), kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan bernilai 0,257 dengan C.R. sebesar 3,951 dan p-value <0,001 (lebih kecil dari 0,05), strategi bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan bernilai 0,215 dengan C.R. sebesar 3,127 dan p-value 0,002 (lebih kecil dari 0,05), kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan bernilai 0,226 dengan C.R. sebesar 3,771 dan p-value <0,001 (lebih kecil dari 0,05), kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan bernilai 0,408 dengan C.R. sebesar 6,548 dan p-value <0,001 (lebih kecil dari 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi marketing mix, kualitas layanan jika di tingkatkan akan memberikan kepuasan dan meningkat loyalitas pelanggan.
Rancangan Sistem Informasi Manajemen Sekolah Berbasis Web Interaktif Terintegrasi Di Smk Negeri 1 Nabire N, Ignatius Endar; Nursanti, Ellysa; Handoko, Fourry
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Vol 1 No 1: Februari 2015
Publisher : Teknik Industri S-2 Pascasarjana Institut Teknologi Nasional Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu akibat perkembangan teknologi informasi adalah kebutuhan akan adanya suatu sistem informasi yang dapat menyampaikan informasi secara cepat, tepat dan lengkap dari perusahaan atau instansi tersebut. Berdasarkan latar belakang masalah maka dapat dirumuskan bagaimana membangun sebuah sistem informasi sekolah berbasis web. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem informasi manajemen Sekolah Menegah Kejuruan Negeri 1 Nabire yang interaktif dan terintegrasi berbasis web. Metodelogi yang digunakan dalam perancangan sistem informasi ini menggunakan metode pendekatan berorientasi objek, beberapa hal yang dilakukan antara lain melakukan survei awal ke SMK Negeri 1 Nabire, kemudian merumuskan permasalah yang ada pada sekolah tersebut, melakukan pengumpulan data, melakukan perancangan sistem, dan terakhir mengimplementasikan hasil rancangan kedalam program menggunakan bahasa pemrograman PHP. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan sistem informasi berbasis web menjadi sebuah revolusi publikasi dalam membuka jangkauan informasi yang lebih luas lagi untuk menyampaikan berbagai jenis informasi mengenai sekolah tersebut, menghilangkan batasan waktu, jarak dan tempat sebagai halangan bagi siswa, orang tua, guru dan masyarakat yang ingin memperoleh informasi tentang sekolah. Pengembangan sebuah sistem informasi wajib dilakukan, seiring terus berkembangnya teknologi informasi dan kebutuhan akan informasi serta permasalahan yang semakin komplek di SMK Negeri 1 Nabire.
Perancangan Sistem Informasi Akademik Untuk Meningkatkan Kinerja Manajemen (Studi Kasus : Universitas Satya Wiyata Mandala Nabire) Palumpun, Arfan Natan; Lomi, Abraham; Handoko, Fourry
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Vol 1 No 1: Februari 2015
Publisher : Teknik Industri S-2 Pascasarjana Institut Teknologi Nasional Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Universitas Satya Wiyata Mandala Nabire merupakan satu-satunya lembaga pendidikan tinggi yang ada di kabupaten Nabire. Pengelolaan pendidikan Tinggi sebagai lembaga yang bergerak pada bidang akademik, membutuhkan penanganan secara profesional, baik dari segi layanan maupun mutu yang dihasilkan. Sistem administrasi bidang akademik meliputi seluruh proses administrasi mulai dari seorang calon mahasiswa awal terdaftar sebagai mahasiswa hingga proses perkuliahan sampai lulus wisuda. Seluruh proses tersebut membutuhkan prosedur-prosedur dan aturan-aturan yang jelas, dengan pelaksanaan yang disiplin dan konsisten. Dengan kata lain perlu adanya suatu sistem informasi manajemen administrasi akademik di yang terstruktur dan terintegrasi serta dapat diakses di setiap komponen yang ada di universitas Satya Wiyata Mandala Nabire untuk peningkatan pelayanan akademik terhadap mahasiswa tersebut dibutuhkan suatu sistem informasi akademik yang dapat diakses secara on line. Adapun metodologi yang digunakan untuk penelitian ini adalah pendekatan terstuktur dengan mengunakan alat bantu seperti analisa pemodelan data, flowchart, hubungan relasi antar entitas, diagram konteks. Model pengembangan yang dilakukan adalah Waterfall dimana model Waterfall merupakan urutan aktifitas yang dilakukan didalam pengembangan sistem mulai dari perumusan masalah, analisis kebutuhan, perancangan serta implementasi sistem, pengujian sistem serta penerapan dan pemeliharaan sistem. Dengan diterapkannya perancangan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) pada Universitas Satya Wiyata Mandala Nabire yang bersifat On line dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan database MySql, diharapkan dapat mempermudah pengolahan seluruh data akademik tanpa harus terjadi kesalahan dalam mengelola data sehingga lembaga universitas dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Studi Pengaruh Computer Anxiety Dan Computer Attitude Terhadap Keahlian Menggunakan Komputer Pada Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Satya Wiyata Mandala Nabire) Bogar, Deby Siska; Nursanti, Ellysa; L. A., ST Salmia
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Vol 1 No 1: Februari 2015
Publisher : Teknik Industri S-2 Pascasarjana Institut Teknologi Nasional Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengambil tema tentang Pengaruh Computer Anxiety dan Computer Attitude Terhadap Keahlian Menggunakan Komputer Pada Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Satya Wiyata Mandala Nabire). Tujuan pertama dari penelitian ini adalah menguji pengaruh computer anxiety dan computer attitude terhadap keahlian mahasiswa teknik informatika dalam menggunakan komputer. Mengusulkan metode pengenalan dan pengajaran komputer yang dapat meningkatkan keahlian mahasiswa teknik informatika Sampel yang diambil adalah mahasiswa teknik informatika universitas satya wiyata mandala Nabire sebanyak 60 responden. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS. Tahapan penelitian diawali pengambilan sampel kemudian dilanjutkan tahap penguiian, uji validitas dan reliabilitas, uji regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan pada variabel computer anxiety terdapat satu variabel yang terbukti berpengaruh signifikan yaitu variabel computer anticipation. Pada variabel computer attitude terdapat satu variabel yang terbukti berpengaruh signifikan yaitu variabel computer optimism. Kemampuan perediksi keempat variabel independent terhadap keahlian mahasiswa menggunakan komputer sebesar 31.20% sebagaimana ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi. Hasil ini menunjukkan masih terdapat faktor lain yang mempengaruhi keahlian dalam menggunakan komputer, faktor tersebut adalah faktor eksternal seperti: faktor budaya, politik, ekonomi, sarana informasi (internet), dll.

Page 1 of 1 | Total Record : 7